Abstrak Gambaran Pengetahuan Bidan Tentang Rawat Gabung Di Rumah Sakit Immanuel Bandung Tahun 2011

 

            Rawat gabung adalah salah satu cara perawatan ibu untuk dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian pada bayi baru lahir. Bayi dan ibu ditempatkan dalam sebuah ruangan, bersama-sama selama 24 jam penuh dalam seharinya.

            Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan bidan tentang rawat gabung di rumah sakit Immanuel Bandung tahun 2011. Rancangan penelitian menggunakan metode deskriftif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah bidan yang bekerja di ruang kebidanan di rumah sakit Immanuel Bandung sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.

            Hasil penelitian didapatkan lebih dari setengahnya (53,3%) bidan berpengetahuan baik tentang pengertian rawat gabung, kurang dari setengahnya (40%) bidan memiliki pengetahuan baik tentang tujuan rawat gabung, lebih dari setengahnya (66%) bidan memiliki pengetahuan baik tentang waktu yang tepat untuk rawat gabung, lebih dari setengahnya (66,7%) bidan memiliki pengetahuan baik tentang syarat rawat gabung, dan lebih dari setengahnya (63,3%) bidan memiliki pengetahuan baik tentang kontra indikasi rawat gabung.

            Kesimpulan pada penelitian ini yaitu lebih dari setengahnya (66%) bidan di rumah sakit Immanuel Bandung memiliki pengetahuan baik tentang rawat gabung. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya agar meneliti hubungan pengetahuan dengan sikap bidan atau faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan rawat gabung dan bagi bidan agar mempertimbangkan untuk lebih meningkatkan pelaksanaan rawat gabung.

 

 

Kata Kunci                  : Rawat gabung, pengetahuan.

Daftar Pustaka                        : 10 sumber ( 1993 – 2008 )

 

 

BACK