Abstrak Evaluasi Klien Terhadap Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap II Rumah Sakit Immanuel Bandung

 

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dari  pengamatan terhadap kinerja perawat dalam pelaksanan 5R ( Ramah, Rajin, Ringkas, Rapi, dan Rawat) di Instalasi Rawat Inap Prima II Rumah Sakit Immanuel Bandung, bahwa didapati kurang teliti dalam pendokumentasian dan pelayanan perawatan  belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk evaluasi  klien terhadap kinerja perawat dalam pelaksanaan 5R di Rawat Inap Prima II Rumah Sakit Immanuel Bandung.

Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif. Populasi 101  orang dan sampel 37 orang dipilih secara Proportional  Sampling. Instrumen terdiri 35 pertanyaan diformmulasikan dari teori Nursalam (2005),  Yupi (2004), Ridwan (2010), dan wong (2009).

Hasil penelitian  dari evaluasi klien terhadap kinerja perawat adalah baik dengan kategori sering dan nilai rata-rata 88,57%, Aspek yang paling dilaksanakan adalah “Ramah” dan Butir yang paling dilaksanakan adalah  “Tutur kata sopan” sedangkan aspek yang kurang dilaksanakan adalah  “Rawat” dan butir yang kurang dilaksanakan adalah “Setiap obat baru yang akan diberikan terlebih dahulu memberitahukan efek samping obat”.

Saran kepada Diklit Keperawatan Rumah Sakit Immnuel Bandung agar hasil penelitian ini dapat dibagikan kepada perawat untuk inservice education dan untuk bidang penelitian diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dikembangkan dalam penelitian selanjutnya dengan mengadakan  evaluasi klien tehadap kinerja perawat.

 

 

BACK