Abstrak Peranan Sistem Informasi Manajemen Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Immanuel Bandung

 

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem informasi yang digunakan oleh Rumah Sakit Immanuel khususnya pada Instansi Rawat inap.

                Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dan tehnik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara dan observasi serta dilengkapi dengan daftar pustaka yang memiliki relevansi erat dengan pokok permasalahan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh data yang mengalami kesalahan penginputan data ke sistem informasi rawat inap (software) yaitu sebanyak 45 data.

                Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan permasalahan dalam sistem informasi manajemen rawat inap diantaranya mengenai kesalahan memasukan ruangan rawat inap pasien, salah memasukan tindakan pasien, salah memasukan jumlah oksigen, pasien dibatalkan pulang, serta program yang error.

                Adapun saran yang diberikan untuk supaya memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan : Diadakan penelitian untuk user agar bisa lebih optimal dalam menggunakan program rawat inap RS. Immanuel, perlu adanya suatu prosedur kerja yang efektif dan efisien sehingga akan menghasilkan informasi yang akurat sesuai dengan harapan.

 

 Tugas Akhir : 66 hal.

 

BACK