Abstrak Pengetahuan Ibu Primipara Tentang Perawatan Tali Pusat di Ruang Bersalin Rumah Sakit Immanuel - Bandung

 

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia Tahun 2007 angka kematian anak masih tinggi sebesar 34/1000 kelahiran hidup, di antaranya karena menderita Tetanus. Untuk menurunkan angka kematian bayi tersebut perlu pelayanan kesehatan yang efektif, baik dan benar terhadap tali pusat.

Primipara adalah wanita yang sudah melahirkan tetapi baru satu anak, mereka kesulitan dalam merawat tali pusat karena belum berpengalaman, belum mendapatkan informasi cara merawat tali pusat yang baik dan benar, berdasarkan fenomena tersebut maka di lakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengetahuan ibu primipara tentang perawatan tali pusat meliputi konsep perawatan, persiapan alat, pelaksanaan dan evaluasi perawatan tali pusat.

Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel 37 ibu primipara. Pengumpulan data dengan pengisian angket oleh responden, jumlah instrumen 20 pertanyaan. Hasil penelitian di dapatkan tingkat pengetahuan ibu primipara tentang perawatan tali pusat, berpengetahuan Baik, ( 16.22 % ), sebagian besar berpengetahuan Cukup, ( 62,16 % ), berpengetahuan Kurang, ( 21,62 % ). Simpulan pengetahuan ibu primipara tentang perawatan tali pusat sebagian besar pada kategori Cukup. Dengan hasil penelitian diatas, disarankan untuk Rumah Sakit supaya dapat memberikan penyuluhan, melatih tentang perawatan tali pusat yang baik dan benar dengan metode perawatan tali pusat terbuka tanpa alkohol 70 %, khususnya kepada ibu primipara yang hendak pulang bersama bayinya.

Kata Kunci : Pengetahuan Ibu Primipara Tentang Perawatan Tali Pusat.

Daftar Pustaka :26 Buku.

 

 

BACK